Saturday, June 11, 2016

Membuat Dokumen Track Changes dengan Membandingkan Dua File Microsoft Word

transferiority87.com ~ Dalam penggunaan Microsoft Word, ada sebuah fitur yang bernama Track Changes. Dengan fitur ini, pengguna bisa melacak segala perubahan yang dilakukan pada dokumen Word miliknya. Untuk melakukan hal tersebut, pengguna perlu mengaktifkan tombol Track Changes yang terdapat di tab "Review". Akan tetapi, tidak jarang seseorang lupa mengaktifkan fitur tersebut saat hendak mengedit sebuah dokumen, dan baru ingat saat tengah mengedit sebagian atau bahkan setelah selesai melakukan semua pengeditan. Sehingga, kemungkinan besar pengguna akan kebingungan, karena tidak mungkin harus memulai lagi pengeditan dari awal.
Tak perlu khawatir! Perangkat lunak Microsoft Word juga memiliki sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melacak sebuah perubahan dengan memanfaatkan dua dokumen, yakni dokumen awal atau asli dan dokumen hasil edit.
Untuk melakukannya, pertama-tama pengguna perlu membuka Microsoft Word. Setelah itu, klik tab "Review", lalu cari dan klik bagian yang bertuliskan "Compare". Jika muncul dua pilihan, "Compare" dan "Combine", pilih yang "Compare".
Setelah "Compare" yang kedua diklik, akan muncul kotak "Compare Documents". Pada kotak tersebut, pengguna bisa memasukkan dokumen awal atau dokumen asli melalui gambar folder di sebelah kiri di bagian yang bertuliskan "Original document". Sedangkan dokumen hasil edit bisa diunggah dengan mengeklik gambar folder di sebelah kanan pada bagian "Revised document".
Kemudian, apabila tidak ingin mengutak-atik pengaturannya, pengguna bisa tinggal klik saja tombol "OK". Maka tampilannya akan tampak seperti yang di bawah ini. Dalam tampilan ini, tampak dokumen asli berada di sebelah kanan atas, dokumen hasil edit atau revisi berada di kanan bawah, dan hasil perbandingan dua dokumen atau hasil Track Changes tampak berada di bagian tengah. Sedangkan di sebelah kiri terdapat ringkasan perubahan yang terjadi dalam dokumen hasil edit, yang mencakup jumlah tindakan pengeditan atau revisi, penambahan, penghapusan, pemformatan, dan lainnya.
Setelah itu, pengguna bisa menyimpan dokumen hasil Track Changes dengan mengeklik tombol bergambar disket di sebelah kiri atas atau cukup menekan tombol "Control" dan "S" (atau Ctrl+S). Dan begitulah sederhananya membuat dokumen Track Changes dengan membandingkan dua dokumen Microsoft Word.

Referensi:
https://johngarger.com/articles/writing/create-a-track-changes-document-by-comparing-two-microsoft-word-files

0 comments:

Post a Comment