Tuesday, June 21, 2016

Cara Mengatasi Jendela Program yang Ada di Luar Batas Layar Windows

transferiority87.com ~ Sistem operasi Windows sudah menjadi sistem operasi atau OS yang paling banyak diinstal di komputer-komputer di seluruh dunia. Oleh karena itu, penting bagi pengguna komputer di seluruh dunia, khususnya pengguna Windows, untuk bisa jauh lebih memahami hal-hal yang terjadi di sistem operasi komputer ini.
Pada kesempatan ini, kita akan sedikit membahas tentang sebuah masalah yang bisa atau bahkan biasa terjadi di Windows. Ada suatu kala di mana sebuah jendela program pada Windows berada di luar batas layar komputer. Seperti contohnya pada gambar berikut:
Program Winamp yang keluar dari layar
Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memunculkan jendela program ke tempat yang semestinya. Salah satu cara menggunakan bantuan shortcut atau pintasan keyboard. Sedangkan cara yang kedua menggunakan bantuan mouse.
Untuk cara yang pertama, kita cukup menekan tombol ALT+Spasi pada keyboard secara bersamaan. Tindakan tersebut akan memunculkan menu sistem yang berisi opsi untuk mengecilkan jendela program, membesarkannya, memindahkan, dan lainnya. Setelah menu seperti tampak di samping ini muncul, maka kita bisa menggunakan tombol panah pada keyboard untuk memilih "Maximize" jika ingin membesarkan tampilan jendela program, atau kita juga bisa memilih "Move" agar bisa memindahkan jendela program tersebut ke tempat yang semestinya. Dan begitulah mudahnya menggunakan tombol pintasan atau shortcut pada keyboard untuk membetulkan letak jendela program agar kita bisa mengaksesnya.
Sedangkan untuk cara kedua, yakni cara yang menggunakan bantuan mouse, langkah-langkahnya juga tidak rumit. Kita cukup perlu mengarahkan kursor mouse ke taskbar atau bilah tugas tempat beradanya ikon program yang ingin diperbaiki letaknya. Lalu kita tekan tombol SHIFT pada keyboard bersamaan dengan klik kanan mouse. Maka akan muncul menu sistem seperti pada gambar di sebelah kiri ini, yang tampilannya mirip seperti pada cara pertama tadi. Kemudian, dengan menggunakan tombol panah dan Enter pada keyboard kita bisa memilih "Move", dan selanjutnya kita gunakan tombol panah lagi untuk mengarahkan jendela aplikasi yang keluar layar Windows tersebut agar ke tempat yang semestinya. Perlu diketahui bahwa kombinasi tombol SHIFT dan klik kanan mouse hanya berfungsi pada Windows 7 dan versi lebih baru. Untuk Windows XP, kita tidak perlu menggunakan SHIFT, klik kanan mouse saja sudah cukup.

Referensi:
http://www.askvg.com/how-to-move-or-resize-an-off-screen-window-in-windows/

1 comment: