Friday, July 3, 2015

Koleksi Gambar Salah Tulis/Ketik atau Typo dalam Bahasa Indonesia (Bagian 4)

transferiority87.com ~ Typo atau kejadian salah tulis/ketik menjadi bukti nyata bahwa manusia bukanlah makhluk sempurna yang akan terus melenggang tenang tanpa cela. Namun yang terpenting dari sebuah kesalahan adalah keinginan untuk memperbaikinya. Dan kami di sini akan berusaha untuk terus mengirimkan pos gambar-gambar yang berisi kesalahan penulisan dalam bahasa Indonesia beserta penjelasan singkat tentang versi yang benar dari kesalahan tersebut. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melihat koleksi serupa lainnya, mulai dari bagian pertamabagian kedua, dan bagian ketiga. Selain itu, gambar-gambar dalam koleksi tersebut juga kami cadangkan di akun resmi Instagram Transferiority87. Selamat belajar dan bersenang-senang!

Seperti yang sering kita bahas sebelumnya, kata kerja jika diawali dengan DI seharusnya penulisannya disambung. Jadi untuk kali ini penulisan yang benar adalah DIDENGAR.

Sedangkan kata tempat jika diberi awalan DI penulisannya dipisah, yakni DI HATI. Lalu, APA dan PUN seharusnya dipisah, bukan disambung.

Untuk tulisan gambar yang satu ini, yang menjadi kasus adalah kurangnya huruf G. Yang sebenarnya MENGGENGGAM salah diketik menjadi MENGENGGAM.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang terbaru, penulisan yang benar adalah AKHIRAT menggunakan huruf i, bukan AKHERAT.

Serupa dengan yang di atas, penulisan yang benar untuk kasus di gambar ini adalah DI SISI, bukan DISISI. Di dan SISI seharusnya dipisah.

Dalam kasus ini, kata dasarnya adalah TIDAK TEGAS, yang penulisannya memang dipisah. Namun, setelah mengalami imbuhan, penulisannya menjadi disambung, yakni KETIDAKTEGASAN. Tidak perlu ada tanda sambung (-) untuk memisahkannya.

Kembali lagi kasus yang sama. LUAR dalam gambar di atas termasuk kata tempat, sehingga harus dipisah dengan DI dan penulisannya yang benar adalah DI LUAR.

0 comments:

Post a Comment