Saturday, June 13, 2015

Koleksi Gambar Salah Tulis/Ketik atau Typo dalam Bahasa Indonesia (Bagian 3)

transferiority87.com ~ Tak terasa, postingan Transferiority87 perihal gambar salah tulis atau ketik dalam bahasa Indonesia sudah menginjak bagian ketiga. Memang tak bisa dipungkiri, fenomena kesalahan tulisan atau ketikan sampai kapan pun akan terus ada. Hal ini tidak terlepas dari sifat khilaf manusia yang memang ditakdirkan untuk terus melekat menemaninya. Meskipun begitu, akan sangat salah jika kemudian kita berhenti untuk berusaha berhati-hati dalam menulis.
Demi melanjutkan tradisi dalam kiriman serupa sebelumnya, dalam bagian yang ketiga ini kami masih mengomentari singkat tujuh buah gambar yang memuat kesalahan penulisan. Sama seperti pada bagian pertama dan bagian kedua, gambar-gambar ini kami peroleh dari tulisan-tulisan di internet dan juga di lingkungan sekitar yang kemudian kami potret. Selain itu, kumpulan gambar ini juga telah kami unggah di akun Instagram Transferiority87, yang bisa kita follow atau ikuti agar dapat menikmati gambar-gambar terbaru yang dikirimkan. Seperti harapan kami sebelum-sebelumnya, semoga kesalahan penulisan yang kami bahas bisa menambah wawasan serta mempertajam kepekaan kita terhadap penulisan yang benar menurut aturan yang sudah ditentukan.

Penulisan yang benar adalah DI ANTARA, DI dan ANTARA akan salah jika disambung karena ANTARA adalah kata tempat, bukan kata kerja.

Menurut aturan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, LAIN dan PUN seharusnya dipisah, bukan disambung.

STANDART bukanlah kata baku bahasa Indonesia, yang tepat adalah STANDAR tanpa diakhiri huruf T.

TERSEBAR, bukan TESEBAR

Sebagian besar kata yang diakhiri dengan PUN biasanya dipisah. Seperti yang satu ini seharusnya SEORANG PUN. :P

Kasus yang satu ini sama dengan gambar pertama di atas. DI yang diikuti oleh kata tempat seharusnya dipisah. Karena BAWAH adalah kata tempat, penulisan yang benar adalah DI BAWAH.

Kembali lagi kasus yang sama. BALIK dalam gambar di atas maksudnya adalah kata tempat, bukan kata kerja, sehingga harus dipisah dengan DI.

0 comments:

Post a Comment