Friday, May 29, 2015

Contoh Terjemahan Kartu Keluarga (KK) dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris

transferiority87.com - Beberapa waktu lalu kita sudah membahas tentang sebuah contoh terjemahan ijazah dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, kali ini kita akan sedikit mengulas tentang sebuah contoh terjemahan Kartu Keluarga atau biasa disingkat KK. Contoh yang akan kami pakai ini adalah Kartu Keluarga dalam bentuk fotokopi, yang tentu saja ada beberapa bagian yang diubah demi alasan kerahasiaan.


Kita bisa melihat tangkapan layar fotokopi Kartu Keluarga di atas dan membandingkannya dengan versi terjemahan yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Kita bisa melihat bahwa istilah "Kartu Keluarga" bisa diterjemahkan secara harfiah menjadi "Family Card". Awalnya kami juga tidak yakin dengan ketepatan terjemahan ini, namun setelah melakukan penelusuran di internet dan menemukannya di Proz, istilah tersebut akhirnya mantap untuk digunakan.
Istilah-istilah lainnya meliputi "Status Perkawinan" yang diterjemahkan menjadi "Marital Status", "Status Hubungan dalam Keluarga" diterjemahkan menjadi "Status of Intra-group relation", dan "KITAS/KITAP" (Kartu Izin Tinggal Sementara/Permanen) diterjemahkan menjadi "Temporary/Permanent Stay Permit Card". Sedangkan istilah-istilah lainnya sepertinya sudah cukup jelas. Kemudian, kalau yang sebelumnya kita bicarakan di artikel tentang contoh terjemahan ijazah, bagian bertanda tangan cukup ditulis dengan istilah "signed" yang diberi efek italic atau miring, kali ini kami menggunakan alternatif lain yakni berupa istilah "signed" yang diberi kurung.

Referensi:
www.proz.com/kudoz/indonesian_to_english/

6 comments:

  1. Untuk perubahan ke bahasa jepang gimana ea...mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sekali, kami di sini tidak ada yang berkeahlian bahasa jepang. Mungkin bisa dicoba cari penerjemah bahasa jepang di situs http://sihapei.hpi.or.id/find/by/p:translator_ls:Indonesian_lt:Japanese

      Delete
  2. untuk KTP ada nggak mas yang diterjemahin ke B.Inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada saja, bermacam-macam, yang jenisnya seperti ini mungkin seperti ijazah, nilai, KTP, dll.

      Delete
  3. kalau anak belum sekolah, nulisnya apa ya?

    ReplyDelete