Sunday, April 19, 2015

Mengenal Peter Newmark, Salah Satu Bapak Penerjemahan Dunia

transferiority87.com - Setiap teori biasanya muncul dari pengamatan terhadap sebuah praktik, atau bisa juga muncul dari perkembangan teori lainnya. Begitu pula yang terjadi dalam dunia penerjemahan, teori penerjemahan ada setelah para pakar penerjemahan mengamati cara kerjanya dari suatu praktik penerjemahan. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang salah satu pakar penerjemahan yang teori-teorinya banyak dijadikan rujukan dalam kuliah-kuliah terkait penerjemahan. Pakar yang dimaksud tersebut adalah Peter Newmark.
Peter Newmark lahir pada 12 April 1916 di Brno, Republik Ceko atau Cheska, dengan ayah seorang pengusaha tekstil yang sukses. Menurut riwayatnya, beliau pernah bertugas menjadi juru bahasa pada saat Perang Dunia II ketika Jerman menyerah. Pada tahun 60-an, Peter Newmark menjabat sebagai kepala bahasa modern di Holborn College of Law, Languages and Commerce.
Buku-buku mengenai penerjemahan yang ditulis oleh Peter Newmark tidaklah sedikit. Pada tahun 1981, beliau menyumbangkan gagasan-gagasannya tentang penerjemahan lewat buku berjudul Approaches to Translation. Kemudian buku penerjemahan karya Peter Newmark yang banyak sekali dijadikan referensi untuk teori penerjemahan, yang berjudul A Textbook of Translation, diluncurkan pada tahun 1988. Pada tahun 1989, beliau juga menyelesaikan buku lainnya tentang penerjemahan yang berjudul Paragraphs on Translation.
Setelah itu, buku penerjemahan lain karya Peter Newmark diterbitkan lagi pada tahun 1991. Kali ini buku yang ditulis beliau berjudul About Translation. Sekitar tujuh tahun kemudian, pada tahun 1998, muncul lagi buku karya beliau mengenai penerjemahan yang diberi judul More Paragraphs on Translation.
Newmark menutup usia pada tanggal 9 Juli 2011 di usianya yang ke-95. Hingga awal tahun sebelum meninggal, beliau masih menjadi profesor tamu di University of Surrey. Di universitas itu pula, Peter Newmark berperan sebagai penggagas dan pengembang Centre for Translation Studies.

Referensi:
http://www.theguardian.com/education/2011/sep/28/peter-newmark-obituary

0 comments:

Post a Comment