Thursday, April 9, 2015

Mempraktikkan GTT (Google Translator Toolkit) alias Google Perangkat Penerjemah

transferiority87 - Dalam tulisan sebelumnya yang berjudul Google Perangkat Penerjemah atau Google Translator Toolkit (GTT), kita sudah berkenalan dengan Google Translator Toolkit alias GTT. Seperti janji penulis dalam tulisan sebelumnya, kali ini kita akan mencoba menggunakan perangkat online tersebut untuk menerjemahkan sebuah dokumen.
Pertama-tama, kita harus mengunggah atau meng-upload dokumen yang ingin diterjemahkan. Sebagai percobaan, kita akan menggunakan file berjenis SRT (SubRip Text), yang biasa digunakan sebagai subtitel sebuah film. File jenis ini dapat diperoleh dengan mudah dari internet, atau lebih tepatnya dari situs-situs penyedia subtitel yang banyak terdapat di internet. Kali ini kita akan menggunakan file subtitel untuk film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban.
Setelah membuka GTT alias Google Translator Toolkit, klik tombol merah bertuliskan Upload atau Unggah. Lalu pilih file SRT dari komputer. GTT secara otomatis menganggap file dokumen tersebut berbahasa Inggris. Jadi kita tinggal pilih bahasa sasaran atau targetnya. Dalam contoh ini kita akan menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
Kalau sudah, kita tinggal klik tombol biru bertuliskan Next atau Berikutnya yang terletak di sebelah kiri bawah layar. Jika kemudian ada permintaan untuk menggunakan jasa penerjemahan, jangan hiraukan, klik saja tombol di bawah yang bertuliskan Lain kali. Jika tombol tersebut diklik, tampilannya akan tampak seperti berikut:
Untuk memulainya, klik saja file subtitel tersebut dan kita pun sudah bisa menerjemahkannya menggunakan GTT. Biasanya, semua dokumen yang kita unggah ke GTT akan diterjemahkan secara otomatis oleh mesin Google Translate. Tapi tentu saja kita perlu mengedit atau bahkan menerjemahkannya ulang. Setelah selesai mengedit satu segmen, kita tinggal pencet tombol CTRL+Arah panah bawah pada keyboard untuk pindah ke segmen berikutnya. Untuk menyimpannya, tinggal klik saja tombol Simpan atau Save yang terletak di sebelah kanan atas, meskipun dari waktu ke waktu GTT akan menyimpannya secara otomatis.
Apabila semua segmen sudah selesai diterjemahkan, dan kita ingin mendapatkan hasil terjemahannya dalam jenis file yang sama, klik saja menu File, lalu klik Unduh. Dan kita sudah bisa mendapatkan file subtitel dengan bahasa hasil terjemahan kita. :)

Referensi:
translate.google.com/toolkit

0 comments:

Post a Comment