Tuesday, April 21, 2015

GOOGLE Google google #GOOGLE

transferiority87.com - Suatu kata pasti mengalami sebuah proses pembentukan, atau istilah dalam bahasa Inggrisnya bernama word-formation process. Ada banyak macam proses pembentukan kata dalam dunia perbahasaan. Baik kata tersebut merupakan kata yang benar-benar baru, ataupun terbentuk dari hasil modifikasi kata yang sudah ada.
Kali ini kita akan membahas sedikit tentang sebuah kata yang mengalami proses pembentukan melalui coinage atau neologism. Neologism adalah sebuah proses pembentukan kata yang benar-benar baru atau kata tersebut sama sekali tidak ada sebelumnya. Kata atau istilah yang akan kita bahas di sini sangatlah tidak asing. Sebuah nama yang berawal dari sebuah alat penelusuran, hingga menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Istilah atau kata yang dimaksud itu adalah GOOGLE.
GOOGLE telah mengalami evolusi dari sebuah nama merek menjadi sebuah kata yang memiliki arti dan berterima secara luas. Pada tahun 2006, Oxford English Dictionary menambahkan istilah ini di dalam edisi kamus terbarunya. Selain itu, kamus lain yang mencantumkan kata "google" di dalam daftarnya adalah Merriam Webster.
Sebagai kata kerja, GOOGLE memiliki arti yang sama dengan mencari atau menelusuri sesuatu menggunakan mesin pencarian web. Karena sudah menjadi kata kerja yang resmi, penulisannya pun tidak lagi sama seperti saat ditulis sebagai sebuah merek. Kata ini ditulis normal tanpa ada kapitalisasi pada huruf yang membentuknya, ”google”. Dan istilah ini tidak hanya biasa digunakan dalam bahasa Inggris, melainkan juga terkadang digunakan dalam bahasa Indonesia. Misalnya, ketika ada seseorang yang bertanya tentang sesuatu, dan kita biasanya menjawab dengan “Sudah di-google?”

Referensi:
en.wiktionary.org/wiki/google
merriam-webster.com/dictionary/google
http://googlesystem.blogspot.com/2006/07/google-is-officially-english-word.html

0 comments:

Post a Comment